Minggu, 25 September 2011

My pregnancy story #1

Cukup lama ga nulis di sini.. baru kesempetan..coz agak ribet ternyata nulis pake smartphone, jadinya pas sekarang bisa online pake PC baru deh kepengen nulis lagi..
Alhamdulillah, saat nulis ini kehamilanku sudah masuk 12 minggu 4 hari.. Banyak cerita sebenarnya. Berawal dari usia kehamilan 6 minggu, yang awalnya ga ada mual-muntah sama sekali dan nafsu makan masih baik, berubah!!! Minggu ke 6 adalah awal dimana aku mulai mual-muntah, istilah kerennya morning sickness. Minggu ke 6 bertepatan dengan minggu ke 2 bulan Ramadhan, jadi aku bersyukur sekali masih bisa dapet 13 hari puasa Ramadhan, karena hari setelahnya aku sama sekali ga bisa puasa.
Tiap bangun sahur selalu mual-muntah, perut kosong dikit langsung mual-muntah.. alhasil harus cari camilan or makanan tiap 2 jam sekali. Badan rasanya lemes, males mulu bawaannya, muka kuyu (kata teman-teman), males banget dandan buat ke kampus & RS. Kucel deh pokoknya.
Memasuki minggu ke 8, tiap malem mulai merasa dada berat, terutama di sebelah kiri, serasa seperti balon diisi air yang banyak dan dibentur-benturkan cepat dan beraturan. Awalnya ga terlalu dipikirin, tapi lama-lama makin berat, sampai suatu malam (tepatnya H-4 Idul Fitri) sama sekali ga bisa tidur sampai subuh, karena sibuk mencari posisi nyaman supaya tidak deg-degan dan sesak. Tidur dengan posisi sujud pun dijabanin, tapi tetap ga ngaruh sama sekali. Setelah adzan subuh baru mulai berkurang. Suami ikutan ga bisa tidur. Akhirnya, pagi langsung aku bawa periksa ke unit jantung dan pembuluh darah.
Jreng...jreng... setelah dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik + EKG dan ekokardiografi.. dokterku menyimpulkan jantungku mengalami kelainan pada salah satu katup-nya, yaitu MVP (mitral valve prolapse). pluuuuusss... beliau curiga ada VSD (ventricular septal defect), terjemahan awamnya kebocoran dinding sekat jantung. Deg!! So... aku diminta ekokardiografi ulang minggu depan, coz besok aku udah harus mudik..
Suami kaget tentu saja, untuk MVP okelah, itu kelainan katup yang cukup umum, wajar bila gejalanya juga baru muncul sekarang ketika aku hamil (karena ada perubahan hormonal dan kenaikan jumlah darah yang beredar dalam tubuhku), tapi VSD??? almost impossible.. mengingat usia dan tidak adanya tanda dan gejala yang muncul selama ini.. Akhirnya, kami pasrah aja deh.. rencana mudik tetap lanjut, minggu depan aku harus periksa lagi. Tapi, ultimatum dari suamiku... "Apapun hasil pemeriksaan minggu depan, kamu harus cuti penuh sampai melahirkan. Prioritas kita adalah anak."
Whaatttt????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar