Selasa, 19 Juli 2011

Harap-harap cemas

Ini adalah hari ke 21 siklus haid bulan ini, secara teori ilmiah saya sedang berada dalam fase luteal, yaitu fase dimana di dalam ovarium (indung telur) sedang terbentuk corpus luteum yang memproduksi hormon progesteron. Hormon ini memberi efek semakin tebal dan padatnya dinding dalam rahim (endometrium) sebagai suatu persiapan jika telur (ovum) yang saya hasilkan kemaren-kemaren berhasil dibuahi oleh sperma suami akan menempel dengan baik dan tumbuh sempurna.

Teman-teman, kenapa judul postingan hari ini H2C?? Ya karena emang gituuu *loh*. H2C karena saya belum tahu secara pasti apakah ovum itu berhasil berubah bentuk menjadi morula - blastula - dan bla bla bla ataukah dia menunggu waktunya mati dan luruh bersama endometrium (baca: menstruasi). Jujur memang saya dan suami sedang menunggu datangnya sang buah hati, kami sudah menikah selama hampir 2 tahun namun belum diberi rejeki oleh Allah SWT.
Banyak keanehan yang saya rasakan dalam 1 minggu terakhir sebenarnya.. Tapi setelah browsing sana-sini tidak ada satu artikel atau tulisan pun yang benar2 mirip kejadiannya. Benci rasanya tiap kali searching dengan kata kunci "tanda kehamilan awal" keluarnya itu-ituuuu aja, telat haid, payudara membesar dan sakit, morning sickness, areola mammae yang berwarna lebih gelap, dan tanda klasik lain.. Haloooooooo, kalau telat haid mah semua orang juga paham!!! Yang saya cari adalah gejala dan tanda awal sebelum telat haid!!
Kenapa?? Karena secara teori, di hari ke 9-10 pasca pembuahan (sekitar hari ke 21 siklus haid untuk yang siklusnya 26 hari) ovum yang telah dibuahi akan mulai menempelkan diri pada endometrium, dan produksi hormonnya semakin hari semakin meningkat.. Pasti ada gejala dan tanda awal yang seharusnya muncul pada saat-saat ini.
Yang saya temukan dari hasil browsing sangat bervariasi, mulai dari perut kembung, ga enak badan yang ga jelas, badan terasa lebih hangat dari biasanya, sakit kepala, rasa malas. Tapi sedikit sekali yang posting tentang pengalaman ini.
Yang saya rasakan saat ini adalah sering buang air kecil (sempat agak sakit beberapa waktu yang lalu, tapi sekarang udah baikan), badan hangat terutama sore-malam hari, sakit kepala, cepat banget laper (padahal minggu-minggu sebelumnya biasa aja, padahal diet rendah karbohidrat), jerawat besar-besar bermunculan di wajah, badan gatel-gatel, bahkan di bawah leher muncul seperti dermatitis venenata yang gatal sekali kalau kena keringat, wajah juga kadang terasa sangat gatal kalo kena keringat, dan muncul linea nigra. Anehnya linea ini terlihat jelas pagi hari, dan agak memudar seiring berjalan waktu.
Binguuuuuuung.... Pengen ga dipikirin tapi ga bisa, dipikirin malah bikin tambah bingung... Bener2 takut kecewa lagi untuk yang ke sekian kalinya....
Well, let we see in 1 week.. Am i pregnant??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar